Saturday, December 4, 2010

Jangan Pernah Lelah (Part 2)

Oke saya mau melanjutkan kisah perjalanan seorang anak manusia mencari sesuap nasi (lebay!), tp memang demikian adanya. Kesempatan berikutnya diberikan oleh perusahaan bidang FMCG. Apa sih FMCG ?, intinya perusahaan ini memproduksi barang-barang yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia seperti makanan, minuman, bahkan perlengkapan mandi. Beginilah ceritanya :

Nestle Indonesia, nama yang sudah tidak asing tentunya ditelinga masyarakat Indonesia, yang hadir dengan berbagai produk susu, cokelat, dan kopi. Yup di perusahaan ini lah saya mencoba peruntungan saya berikutnya. Adapun untuk perusahaan ini saya melamar untuk posisi management trainee, yakni program pendidikan dan akselerasi bagi karyawan baru di lingkungan perusahaan.

Dengan semangat membara, saya menginjakkan kaki di pelataran aula timur yang terasa begitu kurang menentramkan hari itu. Di sana saya melihat wajah-wajah yang sudah tidak asing lagi selama mengikuti masa kuliah di ganesha 10, baik temen satu jurusan atau beda jurusan. Wah keknya ramai neh (batinku dalam hati), benar saja menjelang waktu yang ditentukan untuk proses rekrutmen jam 8 pagi teng, ratusan manusia sudah mengantri rapi di dua meja yang telah disediakan untuk mengisi absensi.

Beres absen data diri, kemudian saya memasuki gedung aula timur dan mengambil tempat duduk di sayap kanan, ntah mengapa kanan itu baik, kiri kurang baik, selalu ada dalam ingatanku. Ambil tempat duduk, tepat bersebelahan dengan dua teman TI 2006 yakni Cici dan Winner, dua orang yang sangat pintar menurutku. Okelah saya nothing to lose saja.

Ternyata tes tidak dimulai saat itu juga, presentasi perusahaan dilakukan terlebih dahulu menjelaskan seluk beluk perusahaan dan program management trainee nestle. Dijelaskan juga proses rekrutmennya, dimulai dari 3 minutes presentation, wawancara beberapa kali, psikotes sampai pada penanda tanganan kontrak. Ajegile tes pertama adalah presentasi 3 menit menggunakan bahasa inggris dengan tema yang dirandom!!

Setelah beberapa lama menunggu akhirnya giliran saya, ternyata presentasinya 1 on 1 alias presentasi di depan seorang HR nestle. Dengan langkah fifty-fifty yakin dan tegang, saya kemudian dipersilakan duduk dan mengambil undian alias tema presentasi. Fifty-fifty sy mendadak turun tatkala si bapak bilang jangan grogi ya, huahahha, yang ada malahan jadi 25-75 jadinya neh yakin ma tegangnya. Apalagi pas dibaca dengue fever temanya, wow sudah lama saya tidak membahas istilah satu ini. Benar saja, tema ini diluar dugaan sekali, bahkan luar biasanya saya lupa kata kunci tema ini aedes aegepty, jadinya selama 3 menit itu saya melakukan repetisi informasi yang sontak membuat HR tersebut bosan sepertinya, haha. Benar-benar saya tidak yakin bakalan lolos ini mah, not my day again.

Selesai presentasi, si HR ini memberikan masukan “anda ini sebenernya sangat potensial, namun...sepertinya anda tadi grogi sekali”. Saya tidak dapat mengingkari saran HR tadi, sebelum meninggalkan bangku si HR memberikan cokelat pelipur lara karena saya sudah tidak yakin bakalan dipanggil lagi. Sekali lagi not my day again. Tapi tetap ada pelajaran yang saya petik lagi.

Pelajaran penting : perbaiki skill komunikasi inggris, percaya diri kita memiliki kemampuan, perbanyak baca lagi istilah-istilah umum

Tidak berapa lama dari tes nestle datang lah undangan tes dari perusahaan FMCG berikutnya yakni Kraft Foods. Perusahaan yang tentunya juga tidak asing lagi di Indonesia dengan produknya yang sangat masyur seperti Oreo-the largest biscuit in the world.

Berbeda dengan ketika mengikuti nestle, hari itu saya seperti kurang persiapan sekali, datang terlambat di tempat yang sudah ditentukan yakni di ruang 9231 yang super besar. Setelah terengah-engah memasuki ruangan tes, saya semakin terkejut ketika melihat lautan manusia yang memadati ruangan ini, sekitar 300 an orang sepertinya (jumlah yang masih disesalkan oleh HR kraft karena yang diundang berjumlah 500-an, wow!).

Melihat bangku-bangku yang sudah bertuan, saya berinisiatif untuk bergerak menjauhi pintu masuk dan mencari bangku di sayap kiri, owh sekarang saya duduk di sayap kiri. Okelah jangan percaya mistis, believe your skill.

Sebelum tes dimulai, didakan juga presentasi mengenai perusahaan dan program management trainee Kraft. Dari presentasi disebutkan beberapa tahapan proses dan hari ini yang diujikan adalah tes tertulis (inggris dan logika). Tentu saja hal ini sudah tidak asing bagi saya, saya pun sangat optimis bisa mengerjakan dengan baik.

Begitu lembar soal dibagikan, saya membaca sekilas dan memang saya akui soalnya cukup sulit jg, namun berbekal keyakinan atau kePD-an saya bisa menjawab 19 of 20 soal. Memasuki tes essay bahasa inggris kembali saya menghadapi pertanyaan yg sebenernya gampan-gampang susah semisal hal yang dianggap paling buruk dalam kehidupan dan sebaliknya juga prestasi yang paling dibanggakan. Hmm sepertinya saya memang belum memahami hal ini pada diri saya waktu itu sehingga banyak waktu terbuang untuk berpikir, berpikir, dan berpikir namun waktu terus saja meninggalkan diriku sampai akhirnya teng lembar jawaban harus dikumpulkan. Alamak saya belom beres mengarang ini, yasudahlah kumpulkan saja mudah2 an tes logika sebelumnya hasilnya baik dan membantu. Oiya pengumuman tes Kraft ternyata tidak langsung namun beberapa minggu atau bulan berikutnya (hanya yang lolos saja yang diemail), yasudahlah kalo rejeki ntar juga diemail, namun sepertinya saya tidak berhasil karena sampai hari ini pun saya tidak diberi email lulus tahap berikutnya, hahahha.

Pelajaran penting : persiapkan dan kenalilah dirimu lebih baik, jangan datang terlambat

2 comments:

Chipz said...

kak, aku kemarin dapt panggilan nestle via email buat ikut tahap pertama. mo tanya2 tentang 3 minute nestle yang mendebarkan jiwa.

Maklum kak, fresh graduate -__- jam terbangnya masi rendah

Unknown said...

dear mas andry hermawan..
keren! hahahaha.. tenang aja mas, asala tetep berusaha, rejeki nggak akan kemana2. rezeki nggak akan tertukar ;)
sekarang akhirnya kerja dimana? atau jangan2 udah bertolak jadi pengusaha nih?? hehehe