Friday, April 30, 2010

Formulasi Tugas Akhir

Hari ini saya sangat senang bisa merumuskan atau lebih tepatnya memprediksikan lama waktu pengerjaan Tugas Akhir setiap jam/harinya. Ternyata sederhana sekali jika dilihat di bawah ini :

F(TA) = H X W

Dimana W = waktu alokasi TA , 0≤ w ≤ 24 jam
H = hasrat 1 jika ada
0 selain itu

Yang menarik adalah mengapa setiap orang termasuk saya belum juga menuntaskan Tugas Akhir meskipun ternyata sangat-sangat sederhana formulasinya. Mari kita analisis lebih lanjut :
• Faktor W (waktu alokasi TA) bisa dibilang given factor di mana setiap mahasiswa (konterksnya kan TA) mau dari jurusan TI (Teknik Industri) atau TL (Teknik lainnya) :D ,dikasih waktu yang sama maksimal exactly 24 hours sehari (Subhanallah baik sekali ya Allah). Jika kita uraikan lagi lebih detail maka 24 jam ini adalah nilai maksimum dan perlu ada pertimbangan allowance seperti :
- Aktivitas individual seperti (makan, minum, mandi, dan tentu saja.....tidur)
- KULIAH (15 SKS BRO!!!)
- Aktivitas suplemen seperti olahraga, jalan2, pacaran (gw sih = 0 jam), dan les (TBI B1 kayak gw ni, les Kalkulus (masih zaman mas))
- Aktivitas ntahvava seperti ngelamun, nge-alay, sama nge-gossoksip, dll
- Nulis blog $535579 :hammer:
- DLL TOR .DOC. EXT
Dari situ aja kita udah banyak sekali kena potongan, sehingga mustahil 24 jam dialokasikan untuk TA, kecuali orang itu bisa menghentikan waktu seperti di cerita Dragon Ball “Waktu ruang dan jiwa / hiperbolic time chamber”. Maka dengan sangat tidak sombong namun tetap bijaksana gw pribadi memprediksikan bahwa waktu yg tersedia sekitar 5-10 jam sehari (gak sampe 50% modal awal kita).
• Faktor H
Ini dia faktor yang paling krusial karena it is depend on your personality, awareness, and handsomeness :D....yg terakhir becanda ^^v

Hasrat Cuma 6 huruf tapi implikasinya bisa menunda kelulusan lu semua...
Hasrat Cuma 2 penggalan bunyi tapi implikasinya bisa menunda masa kawin lu...

Yap bisa dibayangkan krusial nya hasrat pada TA kita. Hasrat bisa diartikan keinginan, kemauan, kesadaran untuk melakukan sesauatu. Hasrat tiap orang berfluktuasi dan biasanya sulit untuk diprediksi. Hasrat bukan tentang besar atau kecil hasrat adalah tentang ada atau tiada (Hermawan, 2010). Berhubung gw baru belajar lagi Integer Programming gw yakin bener, mau make branch and bound or fractional cut solusi untuk Hasrat adalah 1 untuk ada dan 0 untuk tidak ada (sorry kalo salah, kan masih belajar).

Berangkat dari pasal di atas, maka dengan ini saya menyatakan bahwa :
“Hasrat dan waktu bukan hubungan summation, di mana jika ada waktu maka TA anda akan selesai, tapi berlaku hubungan MULTIPLICATION, ada hasrat x waktu maka TA anda insya allah beres”, namun setidaknya kita harus bersyukur karena salah satu faktor (w) setidaknya tidak kan bernilai 0 jika kita memang sedang mengambil TI04Z Tugas Akhir 2.

Terlepas dari keinginan wisuda Juli atau Oktober, maka alangkah baiknya kita bisa menjaga modal berharga kita yakni waktu dan juga hasrat untuk memberikan yang terbaik. Percayalah tidak ada yang sia-sia untuk sesuatu yang baik.

No comments: