Tuesday, April 13, 2010

QCPC

Apa itu QCPC ?

Teman-teman teknik industri mungkin sering mendengar istilah flow chart, operation process chart, ataupun peta tangan kanan dan kiri, tapi pernah kah teman-teman mendengar istilah QCPC ?

QCPC merupakan singkatan dari Quality Control Process Chart, yakni sebuah peta yang digunakan untuk sebagai alat penjaminan kualitas dalam sebuah produk.

QCPC yang saya tahu dikembangkan pertama kali oleh the big three dalam industri automotive dunia (GM,Ford, dan satu lagi lupa) dan kemudian banyak diimplementasikan pada industri manufaktur lain termasuk tempat saya Kerja Praktek, AFPC PT.Wika-Intrade. Beruntung banget saya diberi kesempatan sama pembimbing KP untuk bisa mengenal QCPC dan implementasinya. QCPC yang saya pelajari adalah QCPC untuk Upper and lower Regulator untuk elpiji 3 kg (tahu kan regulatornya yang mana) ?

Kegunaan QCPC ?

Ente-ente semua pasti sudah pada mafhum kan kalo struktur produk itu bervariasi dari yang one process jadi sampe yang butuh banyak proses dan penanganan yang kompleks. Kompleksitas itu ditambah lagi dengan ketidakpastian akan kualitas produk dalam setiap tahap produksi akibat banyaknya alat, bahan,mesin dan manusia yang terlibat.

Dengan adanya QCPC maka proses produksi dibuat dengan standarisasi yang tinggi dan pengawasan yang ketat, hal ini agar output dari proses produksi dapat diprediksi dengan tepat sesuai dengan desain produksi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk corrective actioni pada setiap tahap proses produksi sehingga diharapkan tidak terjadi kondisi dimana muncul pertanyaan “Apa yang harus kita lakukan jika terjadi.... dan jika sebalikny bagaimana?”.

Unsur Penting ?

Beberapa komponen yang sebaiknya ada dalam sebuah QCPC adalah tahap proses produksi detail, informasi mengenai peralatan dan bahan yang terlibat, proses pengawasan terhadap tiap level proses, dan corrective action yang possibel dilakukan.

2 comments:

Andry Hermawan,ST said...

emang pak berm ngajarin ini juga ya nad

Unknown said...

Ada contoh format tabel qcpc nya ngga pak,, thanks